Kecintaan anak-anak di kelasku tentang binatang dan tumbuhan kelihatannya semakin besar ! setiap hari mereka selalu mengabarkan dan bertanya kepadaku tentang binatang baru yang mereka temukan setiap hari.Hari ini mereka kembali teringat akan janjiku bersama mereka, bahwa jika ada waktu kami akan belajar bersama tentang binatang baru yang mereka temukan. Tidak tahunya, pagi-pagi waktu aku datang sekolah, mereka langsung menunjukkan seekor kaki seribu yang telah mereka temukan kemarin. Ceritanya hewan tersebut lari setelah disimpan di kelas. mungkin mereka tidak ingin melepaskan kaki seribu mereka untuk kedua kalinya.

Setelah PAM-t bersama kelas lain, jam 8 tepat aku langsung ditarik masuk ke dalam kelas,  dan tanpa komando langsung mengumpulkan teman yang lain untuk masuk kelas. Ayo us belajar kaki seribunya cepat dimulai!

yap, ok !

Eh …..ternyata si kaki seribu agak genit juga, yang tadinya dia diam, waktu dikeluarkan tubuhnya langsung digerakkan memanjang. Spontan saja yang tadinya anak-anak biasa-biasa saja langsung menjerit ketakutan. Ya agak geli juga sih ! tapi kalo aku juga takut khan gak lucu ! langsung aku tenangkan mereka dan mereka kembali mendekat dan memandangi si “thousand feet”. ternyata dari pengamatan sederhana mereka timbul banyak pertanyaan. mulai dari mengapa disebut kaki seribu sampai bahaya kaki seribu.

bahkan ada salah satu muridku yang bisa menjelaskan kalau kaki seribu punya senjata racun. ” hati-hati dia punya racun di bagian belakang badannya !”. trus waktu aku mau menjelaskan kalau harus hati-hati pada binatang bukannya tambah takut pada binatang, eh, malah aku yang mendapat penjelasan dari mereka ! kelihatannya hal tersebut dapat memotivasi mereka untuk lebih dapat mengenal sain dengan memanfaatkan lingkungan sekitar mereka, sambil bermain. Yaa… begitulah mereka, karena termotivasi untuk mempelajari binatang yang baru, setiap hari yang dilakukan mereka ketika istirahat adalah berburu belalang, kupu-kupu, kaki seribu,kupu-kupu sampai undur-undur. kata mereka undur-undur bisa dibuat obat & dijual.

Secara perlahan tapi pasti mereka akan lebih mencintai alam mereka, karena untuk tetap bisa mempelajari alam, hal utama yang harus dilakukan adalah menjaganya. n paling tidak aku bisa mengamalkan jurus biologyscience ku pada mereka. Biar tidak jadi katak dalam kresek, gitu loh ! hehe…..

Sampai-sampai temanku bilang kalau anak-anak dikelasku sukanya penelitian terus karena ustadzahnya orang sain, ya nggak juga  lah…………….! Aku hanya memfasilitasi mereka untuk lebih suka aja, mungkin saja mereka ikut tertarik waktu aku mantengin binatang di akuarium kelasku, biasanya aku suka menjelaskan perilaku binatang tersebut !

just keeping in natural science !