Subhanallah,

Alhamdulillah kita bertemu dengan bulan yang penuh dengan berkah. Begitu juga yang terjadi di Insan Kamil. Aura Romadhon yang sudah menebar ketika bulan sya’ban, kini telah tiba juga. sebulan lalu, setiap memulai sholat dhuhur selalu terdengan lantunan ayat-ayat cinta yang menggetarkan hati.

“Allahumma bariklana fii Rojaba Wa sya’bana waballighna romadhon”

Dan kini, ayat ayat cinta yang ditadarruskan anak-anak di sini semakin menggema, hingga kini menebar di sudut-sudut ruang kelas.

Subhanallah, capek di siang yang panas seolah tergantikan oleh semilir angin masjid dan canda tawa mereka, seolah bisa mengalahkan segelas sirup jeruk yang segar !

Tapi Pagi ini mereka kok terlihat ngantuk semua ya ? Hari ini adalah hari pertama mereka puasa.

“Assalamualaikum, ustadzah nanti pulangnya jam berapa?”

Jam setengah 12, memangnya kenapa ? mau minta pulang sekarang ya? ^_^

“Bukannya begitu us, nanti kalau lama di sekolah, aku kan gak bisa tidur !tapi kalau kelamaan di rumah aku laper terus, kalo sekolah kan enak, eh…tau-tau sudah ashar.

di kelas ada jawaban yang mereka tunggu dariku. mereka penasaran dengan hukumnya marah-marah dan menyakiti hati orang lain dalam puasa. Us, Ayo cepetan teman-teman sudah buat halaqoh (duduk dalam lingkaran) semua lho!

aku kemudian membawa ingatan mereka pada yang telah mereka lakukan kemarin dan hari ini. aku kemudian mengumpamakan pahala mereka di bulan puasa adalah satu karung permen dan menyakiti orang lain adalah lubang di dalam karung. Jika ada satu lubang, apa yang terjadi dan Jika semakin banyak lubang yang ada di dalam karung, apa yang terjadi?

Karena karungnya lubang, permen yang sudah disimpan di karung akan berkurang, jika semakin banyak lubang, tanpa disadari hanya ada karung permen yang bisa dibawa pulang.

Begitu pula dengan pahala puasa.

“ooo…gitu ya ! lha berarti marah itu menghabiskan pahala puasa ya?

yap, betul ! tepatnya mengurangi pahala puasa.

ayo sekarang tebak ! jika suka marah-marah, godain teman, berani sama orang tua, buat ustadzah jengkel, apakah membatalkan puasa ?

“nggak,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,!tapi mengurangi pahala puasa kan us !”

enggih. hayo sekarang yang pernah buat sakit hati temannya satu kelas ustadzah beri kesempatan saling minta maaf ! semuanya ya !

Hore…….”hehe……..us us lha baru puasa kok wis riyaya to us !”

“eh, ayo akhwat kesini, minta maaf-maafan ! ” Eh teman-teman enak ya, kita yang ikhwan tinggal duduk begini terus disalimi,kok kayak orang sunat ya ? hehe…………….

 

baru hari ini aku melihat ikhwan dan akhwat rukun di kelasku, karena sejak pertama kali aku di kelas 3, mereka saling tidak mau kerjasama. duh sampek terharu aku !

“eh, ayo saliman ke ustadzah yati,us minta maaf ya !”

iya, sama-sama, ustdzah minta maaf juga ya!