part 1

Pagi itu adalah hari pertama mereka masuk kelas baru, ya kelas 3. kebetulan belum bel masuk, jadi ada kesempatan ngobrol dengan mereka di teras kelas. Ada yang duduk bersebelahan ma aku di lantai dan ada yang berdiri di plesteran. sampai akhirnya terjadilah peristiwa itu.

“Us, Liat to ! Plesterannya ini lho, lha kena sepatuku sedikit aja kok sudah mrotoli. ini pasti pake semennya kurang ini !”

Lalu aku melihat ke bawah tempat kakiku menginjak plesteran juga. Ehm, ini dari pak tukangnya,mungkin disengaja dibuat seperti itu kak ! kelihatannya plesteran ini nggak permanen kok.

“Lho la maksudnya us Yati apa to ? ”

Ya maksudnya itu, plesterannya ini mungkin akan diperbaiki lagi dan nantinya dipasang lantai keramik, kak!

“Oo..jadi nantinya jadi seperti yang di atas ya !’         ( iya)

eh, lha kok seperti magnet, abis tahu percobaan salahsatu anakku tadi, lainnya malah mencoba nginjak-nginjak,menggosokkan sepatunya sampai lompat-lompat, nggak ikhwan nggak akhwat, sama saja !

Lho nak, ya jangan diinjak to, plesterannya sudah tidak bagus malah kalian injak,kalau rusak bagaimana ?

“nggak us, tenang aja! nggak sampai rusak kok ! ini cuma ngetes kekuatan plesterannya.              :<

Hari demi hari, wajah plesteran semakin amorf. muridku terus saja mengingatkan aku untuk secepatnya plesterannya diperbaiki.sedangkan para tukang sudah pergi entah kemana. Lalu kusampaikan berita duka ini ke us agus. satu minggu berlalu…belum diperbaiki…lalu aku punya inisiatif tak sampaikan ke empunya yang bangun proyek. katanya pasti diperbaiki tapi nunggu proyek lain selesai dulu. satu minggu berlalu…..belum diperbaiki……dua minggu berganti…………………………………………………………….LHOoo….!

Aku liat si plesteran sudah tidak cuma mrotoli lagi tetapi udah krowok, lalu aku tanya ke mereka. Eh, dengan polosnya aku liat mereka melubangi plesteran lagi pake potongan asbes, malah ada yang pake palunya pak bahrul. Lho kak, plesterannya kok dilubangi to? kalau kamu jatuh tersandung gimana ?

“Lho, ustadzah ini gimana to ! aku ini kan cari fosil us !

eh us jangan bilang siapa siapa lho ! us disini tadi aku nemukan fosil keong lho ! Berarti di dalam sini ada banyak lagi kan ! *__*

bersambung……